Minum Kopi Sore Hari Kurangi Waktu Tidur Satu Jam

By: | 0 Comments | On : | Category : Kesehatan | 4.5

minum-kopi

KECANDUAN kopi bisa merampas jam tidur yang Anda butuhkan di malam hari. Apalagi bila Anda meminum secangkir kopi di sore hari.

Hal itu menjadi pesan dari studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine. Pasalnya ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi hanya satu cangkir kopi setelah makan siang, bisa kehilangan sebanyak satu jam tidur setiap malam. Di mana efek jam tidur yang diambil membuat mereka jadi cemas dan kurang tidur hari berikutnya.

Untuk mendapat hasil penelitian ini, Dr Christopher Drake, Ph.D, seorang peneliti diHenry Ford Sleep Disorders and Research Centerdan Associate Professor of Psychiatry andBehavioral Neurosciences di Wayne State University Detroit, Michigan, menguji efek kafein pada 12 peserta yang dianggap memiliki pola tidur yang normal dan sehat. Setiap peserta diberikan tiga pil kafein setiap hari selama empat hari yang harus dikonsumsi pada interval yang sudah terjadwal, yakni satu pil enam jam sebelum tidur, tiga jam sebelum tidur, dan terakhir tepat sebelum mereka pergi tidur.

Menurut penelitian, dua dari pil itu merupakan plasebo yang berarti tak mengandung kafein, sementara yang ketiga mengandung 400 miligram (mg) kafein, atau setara dua sampai tiga cangkir kopi. Kemudian, pil itu mereka konsumsi selama empat hari, tanpa para peserta tahu di mana hari tersebut yang merupakan pil plasebo dan selama masa studi, semua peserta diminta untuk menulis buku harian tidur pribadi dan dipantau khusus oleh peneliti.

Pada akhir percobaan, peneliti menyusun data dan menemukan bahwa mengonsumsi kafein di sore hari bisa mengganggu pola tidur normal karena efeknya bisa bertahan hingga enam jam setelah dikonsumsi. Di mana mereka mungkin tak menyadarinya, selain efek umum lainnya akan membuat tubuh lebih lelah di hari selanjutnya.

“Meminum secangkir besar kopi dalam perjalanan pulang dari tempat kerja juga bisa menyebabkan efek negatif pada tidur, setara dengan orang yang meminum kopi saat mendekati waktu tidur,” kata  Dr. Drake, Directors of the Sleep Research Society, sebagaimana dilansir Naturalnews.

“Orang-orang yang mengonsumsi pada sore hari cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gangguan tidur karena kafein,” tutupnya.




Post A Comment