Manfaat Kopi Lanang

By: | 0 Comments | On : | Category : Artikel | 4.5

kopi-lanang

Kopi ini disebut lanang lantaran bentuk bijinya berbeda dengan kopi pada umumnya. Lanang berarti laki-laki dalam bahasa Jawa. Disebut demikian karena bentuk biji kopi ini tunggal dan bulat, tidak terbelah seperti bentuk biji kopi pada umumnya. Meski demikian, sebenarnya kopi ini bukan varietas baru. Kopi lanang bisa dihasilkan oleh pohon kopi jenis robusta maupun arabika yang pada umumnya ditanam petani di Indonesia.

Dulu Kopi Luwak mungkin menjadi satu-satunya kopi khas Indonesia yang dibanggakan negeri ini. Tapi, selain kopi yang diproses melalui saluran pencernaan luwak (musang) ini, ternyata ada kopi khas lain yang juga berkualitas. Namanya Kopi Lanang atau Peaberry coffee. Meski belum sebanyak kopi luwak, permintaan kopi lanang kian meningkat.

Salah satu asal Kopi Lanang yang terkenal adalah Banyuwangi. Kopi Lanang asal Banyuwangi ini merupakan kopi pilihan yang bisa membuat peminumnya merasakan tenaga ekstra. Untuk mendapatkan kopi lanang, melalui proses yang tidak mudah, harus melalui penyortiran biji kopi yang jumlahnya mencapai puluhan ribu biji kopi jenis robusta. Bila biji kopi umumnya terbelah dua, biji kopi lanang bulat dan tunggal. Bagi penikmati kopi, sangat cocok mengonsumsi kopi lanang ini karena kadar kafeinnya sangat tinggi sehingga tidak mudah mengantuk, di samping cita rasa kopinya begitu halus. Karena itu, kopi lanang ini sangat cocok dikonsumsi di daerah yang suhu udaranya cukup dingin.

Karena biji kopinya yang tunggal dan memiliki kadar kafein tinggi yakni sekitar 2,1 persen, banyak orang yang beranggapan Manfaat Kopi Lanang sebagai :

  • Menambah Vitalitas Kaum Pria
  • Menambah Stamina
  • Menambah daya tahan tubuh
  • Menambah gairah
  • Menambah konsentrasi kerja

Jika anda pergi ke swalayan atau minimarket mungkin pernah menemukan Kopi Lanang Instan yang telah dikemas apik dan Bertuliskan “Kopi Lanang Khusus Lelaki”, mereka mengklaim Manfaat Kopi Lanang sebagai berikut

“KOPI lanang terbuat dari kopi robusta jenis laki-laki, plus ginseng sangat cocok untuk membangkitkan gairah sex laki2 dan mencegah impotensi, serta membantu penderita impotensi untuk bisa normal kembali, dengan mengkonsumsi kopi lanang setiap hari dijamin.”

Jika balik ke artikel sebelumnya tentang “Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan” anda akan mengetahui Efek Positif Minum Kopi menurut sejumlah peneliti. Tetapi jika Kopi Lanang Instan tersebut memiliki khasiat yang begitu hebat untuk kaum laki-laki, itu hanyalah karena campuran yang ada pada kopi instan tersebut, seperti ginseng, dll.

Meskipun Manfaat Kopi Lanang ini telah begitu familiar di masyarakat,  namun hingga saat ini memang belum ada penelitian yang sudah membuktikan klaim tersebut.




Post A Comment