Kopi Kahlua

By: | 0 Comments | On : | Category : Artikel | 4.5

kopi-kahlua

Harumnya aroma kopi pada tiramisu memang berasal dari kopi bubuk. Namun, biasanya aroma tersebut diperkuat dengan tambahan Kahlua. Cairan yang satu ini selain manis juga menebarkan semerbak kopi yang sangat wangi. Apa itu Kahlua, dan untuk apa saja penggunaannya?

Kahlua adalah merk dagang asal Veracruz, Meksiko, sejak 1936. Menurut website resminya, minuman ini merupakan liqueur kopi dengan penjualan nomor satu di dunia. Kahlua biasa dijual dalam botol. Botolnya berwarna cokelat dengan bentuk menggembung dan label berwarna kuning cokelat.

Terbuat dari 100% kopi Arabika, minuman beralkohol ini terasa pekat dan manis karena tambahan gula tebu dan sirup jagung. Di dalamnya juga terdapat vodka dan vanili. Warnanya cokelat pekat. Dikutip dari website Drinks Mixer, per 29 ml Kahlua terdapat 53 kalori, 11,3 gram karbohidrat, dan 11,2 gram gula.

Kahlua original mengandung 20% ABV (alcohol by volume). Namun, ada pula Kahlua Especial yang rasa kopinya lebih kuat karena terbuat dari biji kopi Arabika paling murni. Kandungan alkoholnya juga lebih tinggi, yakni 35% ABV. Dibanding versi original, Especial lebih encer dan tak semanis Kahlua biasa.

Karena terbuat dari biji kopi, terdapat sedikit kafein dalam Kahlua. Dalam setiap 44 ml minuman terdapat 4,85 mg kafein. Dengan kata lain, kandungan kafeinnya hanya 1/10 dari kopi dengan volume sama.

Menurut websitenya, butuh waktu tujuh tahun untuk menghasilkan Kahlua. Dimulai dari tanaman kopi, pemanenan, pengeringan dan penyimpanan biji kopi, distilasi, sampai roasting dan pencampuran. Ekstrak kopi dicampur dengan spirit gula tebu, vanili, karamel, lalu disimpan selama delapan minggu sebelum disaring dan dikemas dalam botol.

Dalam minuman, Kahlua sering menjadi bahan pencampur cocktail seperti Black Russian (plus vodka dan es batu) dan Espresso Martini (plus vodka dan espresso). Bisa juga dikombinasikan dengan krim dingin, susu, kopi panas, atau cokelat panas.

Kalau mau praktis, tambahkan es batu dan parutan kulit lemon atau jeruk nipis. Dicampur dengan minuman berkarbonasi seperti cola, rootbeer, ginger ale, dan air soda juga segar.

Tak hanya untuk minuman, Kahlua juga terkadang menjadi topping es krim, cake, atau cheesecake. Salah satu dessert yang sering memakai Kahlua adalah tiramisu. Sajian asal Italia ini semakin kuat aroma kopinya jika ditambahkan Kahlua. Namun, kalau tidak mengonsumsi alkohol, Anda bisa menggantinya dengan esens kopi atau rum.

Tags:



Post A Comment