Franchise Excelso

By: | 1 Comment | On : | Category : Artikel | 4.5

waralaba-excelso

Bisnis gerai kopi kian diminati oleh pasar. Sejumlah gerai kopi untuk segmen menengah ke atas kini menjamur di berbagai pusat perbelanjaan. Salah satunya adalah Excelso.

Manajer Komunikasi Pemasaran PT Excelso Multirasa Waralaba, Hanny A. Elvind, mengatakan, hingga saat ini Excelso telah mempunyai lebih dari 80 gerai di seluruh Indonesia. Gerai-gerai itu tersebar mulai dari Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Balikpapan, Samarinda, Medan, Batam, hingga Jayapura.

“Ke depan kami akan terus berekspansi dengan membuka gerai-gerai baru, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa,” ujar Hanny, Jumat (4/5/2012).

“Kami ingin memperkenalkan kopi dan gaya minum kopi atau coffee life style ke masyarakat luas,” imbuh Hanny.

Karena itulah, sambung dia, kini Excelso rajin menawarkan konsep waralaba (franchise) kepada calon investor. Ada dua konsep waralaba yang ditawarkan. Yang pertama adalah konsep mini gerai seluas 30-50 meter persegi yang akan lebih melayani pembelian untuk dibawa pulang (take away). Waralaba mini gerai ini ditawarkan dengan nilai biaya waralaba Rp100 juta. Namun itu belum termasuk biaya renovasi, furniture, peralatan, alat-alat IT, dan smallwares. Jika ditotal semuanya mencapai sekitar Rp437 juta.

Adapun konsep yang kedua adalah gerai Excelso seluas di atas 100 meter persegi. Biaya waralaba untuk konsep ini mencapai Rp250 juta. Lengkap dengan biaya renovasi, furniture, peralatan, alat-alat IT, dan smallwares, total investasinya mencapai Rp887 juta.

“Konsep waralaba mulai kami jalankan sejak 2008 lewat PT Excelso Multirasa Waralaba. Hingga awal Mei 2012, kami sudah mendapat kepercayaan dari 17 terwaralaba (franchisee) di sejumlah kota, antara lain, Jayapura, Ternate, Samarinda, Pontianak, Surabaya, Jakarta, Kendari, Palu, Bandung, Makassar, dan Palembang,” ujarnya.

Dia menjamin Excelso ingin tumbuh bersama investor atau franchisee. Dukungan yang diberikan mulai pelatihan karyawan, desain gerai, penyusunan bujet, promosi secara masif, hingga stok bahan baku.

“Harga bahan baku yang didapatkan juga akan kompetitif karena kita bekerja sama dengan penyuplai dalam skala besar dan memiliki jaringan nasional,” ujarnya.

Selain itu, sambung dia, terwaralaba juga akan didukung dengan customer relationship management (CRM) dengan adanya kartu anggota Excelso yang kini telah mencapai 16.000 anggota aktif.

Sumber : kabarbisnis.com




  1. posted by Zainal Arifin on December 28, 2012

    Apa yang akan ditawarkan bila,saya mau membuka gerai exelso di kota jombang

Post A Comment